Persiapan Festival Keraton 2018, Ketum dan Sekjen FSKN Kunjungi Sumenep

Persiapan Festival Keraton 2018, Ketum dan Sekjen FSKN Kunjungi Sumenep
Ketua Umum dan Sekjen FSKN bersama Bupati Sumenep.

SUMENEP-FSKN: Tekad besar Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) untuk menghidupkan, melestarikan dan menggali budaya keraton terus digulirkan. Ketua Umum dan Sekjen FSKN tak henti-hentinya berkunjung ke berbagai daerah. Terbaru, Ketua Umum dan Sekjen berkunjung ke Sumenep, Madura, sebagai persiapan untuk menggelar Festival Keraton dan Masyarakat Adat V se-Asean 2018.

Festival Keraton dan Masyarakat Adat V akan berlangsung di Sumenep, yang merupakan salah satu kota pusat budaya tertua di Madura dan Jawa Timur. Pada abad 13, tokoh legendaris Aria Wiraraja atau juga dikenal Aria Wanaraja berperan penting dalam pendirian kerajaan terbesar di Nusantara, Kerajaan Majapahit. Momen bersejarah ini menjadikan Sumenep menancapkan diri sebagai tempat yang berpengaruh dalam percaturan politik dan budaya tingkat tinggi di Nusantara kala itu.

Aria Wiraraja adalah pendiri Sumenep pada tahun 1269 Masehi. Kini, Madura lewat FKMA V ingin mengenalkan kekayaan budayanya di seantero Nusantara dan Asia Tenggara.

Dan FSKN rupanya memahami betul kebesaran Sumenep Madura tersebut. Tak heran, jauh-jauh hari, Ketua Umum Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat dan Sekretaris Jenderal Hj RAy Yani Soekotjo Kuswodijoyo jauh-jauh sudah berkunjung ke Sumenep. Padahal FKMA 2018, baru akan berlangsung setahun lagi, tepatnya pada 27-31 Oktober 2017. Bertindak sebagai tuan rumah adalah Kesultanan Sumenep Madura.

Ketum yang didampingi permaisuri Raden Ayu Syarifah Natadiningrat dan Sekjen FSKN tiba di Bandara Trunojoyo Madura pada 27 Oktober 2017. Pada malam harinya, mereka menikmati musik tradisional Tongtong yang diperlombakan se-antero Madura. Selanjutnya keduanya mengadakan pertemuan dengan Pemangku Adat Kesultanan Sumenep Ir RP Much Muchtar Atmokusumo dan Bupati Sumenep Dr KH Abuya Busyro MSc untuk membahas persiapan FKMA 2018.

Dalam kunjungan ke Sumenep, kedua tokoh FSKN ini menghadiri peringatan Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-748. Dalam peringatan ini digelar prosesi budaya Aria Wanaraja yang dilaksanakan di depan Masjid Jami Agung Sumenep. Acara ini juga dihadiri Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sumenep menyampaikan pidato berjudul Sumenep Spektakuler. Bupati bertekad menjadikan Sumenep sebagai daerah kunjungan wisata skala internasional.

Guna mempererat silaturahmi dengan tujuan mengembangkan budaya warisan leluhur, acara ini juga diisi proses penyematkan Pin dan Selempang FSKN oleh Ketua Umum FSKN kepada Bupati Sumenep Dr KH Abuya Busyro MSc. Sang Bupati didapuk menjadi Pembina FSKN. (MM)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan