Gubernur Jawa Barat Buka Sambutan FKN XI dengan Pantun

Gubernur Jawa Barat  Buka Sambutan FKN XI dengan Pantun
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

CIREBON-FSKN: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dikenal piawai berpidato. Keahlian Gubernur Jawa Barat terpilih dua periode tersebut juga ditunjukkan pada pembukaan Festival Keraton Nusantara (FKN) XI Cirebon.

Pembukaan FKN XI Cirebon berlangsung di Alun-Alun Keraton Kasepuhan, 16 September 2017. Pembukaan diikuti 48 Raja Sultan dari berbagai keraton anggota Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara (FKIKN) dan 157 peninjau dari keraton dalam dan luar negeri.

Aher, begitu sapaan akrab Gubernur Jawa Barat mendapat jatah memberian sambutan setelah pidato pembukaan oleh Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat. Mengenakan tutup kepala dan kemeja batik lengan panjang motif Megamendung, Aher tampil percaya diri.

Kata-kata yang dipilih pun tepat seperti Empal Gentong yang merupakan ikon kuliner Cirebon. Demikian juga Mangga Gedong Gincu yang dikenal sebagai buah asal kota pesisir Jawa Barat tersebut.

“Beli nasi lauknya Empal Gentong, selamat pagi wahai warga Cirebon,” sapa Aher mengawali rententan pidato sambutan.

Aher lalu lalu melanjutkan pantunnya.

“Makan pagi diawali Mangga Gedonggincu, selamat pagi para raja dan para ratu.”

Sapaan dengan pantun yang pas, rupanya mengena di hati para raja sultan, ratu, pangeran, dan ribuan penonton yang memadati Alun-Alun Keraton Kasepuhan. Tak pelak, tepuk tangan membahana dari ribuan pasang tangan membuat gemuruh Alun-Alun Keraton Kasepuhan.

Suasana yang tadinya cenderung statis dan kaku karena penjagaan yang ketat dari aparat keamanan, tiba-tiba mencair. Kehangatan dan kearaban pun segera menjalar yang membuat pembukaan FKN XI berlangsung mulus. (MM)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan