Gandeng Kesultanan Nusantara, PPMI Kobarkan Budaya Maritim

Gandeng Kesultanan Nusantara, PPMI  Kobarkan  Budaya Maritim

CIREBON-PPMI: Budaya maritim sesungguhnya budaya negeri ini. Fakta negeri ini tersusun dari  17 ribu pulau dengan garis pantai terpanjang di dunia adalah jawaban konkret. Sayang, bercokolnya Belanda selama 350 tahun, mengubah budaya negeri ini menjadi kontinen. Ingin mengobarkan kembali budaya maritim dan menarik kegemilangan leluhur ke masa kini dan masa depan, Paguyuban Putera Puteri Maritim Indonesia menggandeng Kesultanan di Nusantara.

Paguyuban Putera Puteri Maritim Indonesia dalam level operasionalnya menjalankan Pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia (PPMI). Dan pada PPMI 2017, serangkaian langkah terus dilakukan antara lain mendatangi Keraton Kasepuhan Cirebon yang dipimpin Sultan Sepuh XIV PRA (Pangeran Raja Adipati) Arief  Natadiningrat, SE.

Kehadiran Panitia PPMI di Keraton Kasepuhan berlangsung pada 17 September 2017. Saat itu Keraton Kasepuhan tengah menjadi tuan rumah gelaran Festival Keraton Nusantara XI yang diikuti keraton-keraton dari seluruh Nusantara. Sultan Sepuh XIV adalah sosok yang memiliki pengaruh besar di keraton-keraton Nusantara dengan menjabat sebagai Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN).

Dari Panitia PPMI, hadir tokoh-tokoh kunci antara lain Bapak Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhi Purdijanto SH, Ibu Anna Tedjo Edhi, Ibu Ara Syafri Burhanuddin, Bapak Laksdya TNI (Purn) Gunadi MDA, Ibu Yayuk, Ibu Rindang Adrai, Ibu Conny Constantia, Bapak Purbowo, dan sejumlah tokoh penting lainnya. Selain itu juga hadir puluhan finalis Putera Puteri Maritim Indonesia 2016.

Saat menerima Panitia PPMI 2017, Sultan Sepuh XIV didampingi Sekjen FSKN Raden Ayu Yani Soekotjo Kuswodijoyo, Sekjen Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara (FKIKN) Gusti Moeng, dan salah seorang Ketua FSKN Andi Komala Idjo dari Kerajaan Gowa. Juga hadir Kanjeng Pangeran Eddy S Wirobumi dari Keraton Surakarta.

Hadir juga puluhan Sultan, Raja, dan Permaisuri dari berbagai keraton Nusantara. Bangsal Keraton Kasepuhan yang luas, membuat silaturahmi antara Panitia PPMI dan para Sultan dan Raja berlangsung akrab.

Bapak Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhi Purdijatno SH di depan puluhan Sultan dan Raja Nusantara menyatakan keraton merupakan mitra pemerintah dalam bidang budaya.  Karena itu Keraton harus dilestarikan dan tidak boleh terpengaruh budaya luar.

“Saya sudah melihat ke berbagai negara, keraton terpelihara dengan baik. Kami nanti juga  akan ke  kerajaan-kerajaan lain, terutama di keraton atau kesultanan yang berhubungan dengan maritim. Nanti kita bekerjasama dengan kementerian untuk mendukung keraton dan kesultanan,” tegas mantan Mekopolhukam tersebut.

Dalam pertemuan tersebut Ketua Panitia PPMI Bapak Laksdya TNI (Purn) Gunadi MDA memaparkan visi misi Pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia 2017.  “Pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia bukan sekadar Ratu-ratuan, kami ingin berpartisipasi untuk kemajuan bangsa melalui pembekalan kepada sebanyak mungkin putera puteri Indonesia untuk cinta maritim, cinta budaya maritim,” kata Bapak Laksdya TNI (Purn) Gunadi MDA.

Menanggapi kehadiran Panitia Putera Puteri Maritim Indonesia 2017, Sultan Sepuh XIV mengaku begitu gembira dan akan mendukung penuh pelaksanaan PPMI 2017.  Hal tersebut karena hampir semua kerajaan-kerajaan di Indonesia adalah kerajaan maritim.

“Oleh karena itu, kita akan menggerakan putera-puteri kita untuk mengikuti Pemilihan Putera Puteri Maritim,” kata Sultan Sepuh XIV.

Acara ditutup dengan perbincangan akrab dan sesi foto antara Panitia PPMI 2017 dengan para Sultan dan Raja dari berbagai daerah di Indonesia.  (Mada Mahfud)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan