FSKN Hadiri Festival Pesona METI KEI

FSKN Hadiri Festival Pesona METI KEI

MALUKU-FSKN: Pengurus Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) menghadiri Festival Pesona METI KEI Maluku. Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya FSKN untuk turut melestarikan seni budaya dan kearifan lokal berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Umum FSKN Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat dan Sekjen FSKN Hj Ray Yani Soekotjo berada di tengah ribuan masyarakat Maluku Tenggara bersama para Raja se-Maluku yang dipimpin Ketua Majelis Latupati Maluku. Juga hadir Sekertaris Menteri Pariwisata, Wakil Gubernur Maluku, Bupati/Walkot se-Maluku, dan pejabat Pemda setempat.

“Sungguh menjadi kebanggaan bagi FSKN turut hadir pada acara yang sangat dibanggakan masyarakat Maluku Tenggara. Ini momen yang penting bagi kita semua dalam upaya melestarikan kekayaan tradisi,” kata Sekjen FSKN Hj RAy Yani Soekotjo di Maluku, 22 Oktober 2017.

Penutupan Festival Pesona METI KEI Maluku menyajikan tarian kolosal yang melibatkan 3 ribu penari yang diiringi Gendang Tiva. “Sebuah tarian yang sungguh menakjubkan, sampai-sampai mendapat penghargaan MURI Rekor Dunia,” cetus Sekjen FSKN Periode 2017-2022.

Suasana bertambah semarak dengan paduan suara ratusan orang. Dengan Maluku yang selama ini dikenal menelorkan penyanyi hebat di tingkat nasional, keberadaan paduan suara ratusan orang menampilkan suasana yang memukau.

“Tradiri Bambu Gila juga disuguhkan. Tamu undangan termasuk FSKN dibuat terkagum-kagum. Kita semakin sadar betapa kayanya budaya Nusantara. Ini yang perlu terus dihidupkan dan digali. Kekayaan Nusantara yang sesungguhnya adalah kekayaan budaya. Setiap daerah memiliki keunikan budayanya masing-masing,” tegas Hj RAy Yani.

Dipadu dengan panorama laut yang membiru dan pasir putih bersih bak kapas, sajian budaya Festival Pesona METI KEI Maluku menjadi aset yang tak ternilai bagi dunia pariwisata ke depan. Makin lengkap dengan kapal nelayan yang bersandar, menambah citra bahari yang komplet.
“Sungguh Bumi Nusantara tercinta begitu kaya akan seni budaya dan keindahan alamnya,” pungkas Sekjen FSKN.

Sekjen FSKN juga memposting rangkaian acara tersebut dalam grup facebook FSKN yang diikuti para Sultan dan Raja Nusantara. Postingan tersebut mendapat apresiasi dari para Sultan dan Raja.
“Allahu Akbar. Sungguh berbahagia karena YM Arief Natadiningrat Sultan Sepuh Ketua Umum FSKN dan Sekjen Bunda Raden Ayu Yani berada di tengah-tengah ribuan pemerhati adat Kawasan Timur Indonesia. Jayalah FSKN,” komentar pemilik akun facebook Aminuddin Salle.

“Inilah Indonesia. Kebesaran suatu bangsa salah satunya dapat dilihat dari Budaya. Jayalah Indonesia. Sukses buat FSKN,” timpal pemilik akunArfa Tiworo. (MM)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan