13-15 November, Keraton Amantubillah Gelar Tradisi Robo Robo

13-15 November, Keraton Amantubillah Gelar Tradisi Robo Robo

Berbagai kekayaan budaya silih berganti ditampilkan berbagai daerah di Indonesia. Pada 13-15 November 2017, giliran Keraton Amantubillah, Mempawah, Kalimantan Barat yang memiliki gawe. Masyarakat luas akan mendapat suguhan Tradisi Robo Robo, sebuah pagelaran kilas balik sejarah Kerajaan Amantubillah yang dikemas dalam bentuk pertunjukkan budaya yang memesona.

foto: rahmatmenong.blogspot.co.id

Untuk tahun 2017 ini, Keraton Amantubillah mengusung tema “Merajut Kebhinekaan Pesona Indonesia Tradisi Mempawah”. Tradisi Robo Robo rutin digelar setiap tahun dan puncaknya pada hari Rabu terakhir di bulan Safar.

Rangkaian pagelaran tradisi Robo Robo di mulai pada 13 November 2017. Diawali dengan Ritual Buang Buang pada pagi hari. Ritual ini dilakukan dengan menabur beras kuning, setanggi, dan bertih ke sungai. Ritual ini merupakan penghormatan dan pengakuan terhadap sungai dan laut sebagai sumber kehidupan.

Pada sore hari, masyarakat luas bisa menyaksikan aneka pusaka Kerajaan Amantubillah. Pada saat itu, digelar acara Kirab Pusaka Kerajaan yang dilanjutkan dengan Gelar Adat Mandi Pusaka. Pada malam harinya, untuk mengenang pendiri kerajaan, masyarakat bisa mengikuti Haul Opu Daeng Manambon.

Opu Daeng Manambon adalah keturunan Kerajaan Luwu, Sulawesi Selatan. Dalam perjalanan dakwah menyebarkan Agama Islam, Opu Daeng Manambon mendirikan kerajaan di Mempawah yang kemudian dikenal sebagai Kerajaan Amantubillah.

Keesokan harinya, pada Selasa 14 November 2017, Kerajaan Amantubillah yang kini dipimpin Raja Mempawah XIII dan permaisuri Sinuhun Ratu Kencana Wangsa melaksanakan ziarah akbar ke makam Raja-raja Mempawah. Pada malam harinya, masyarakat bisa mengikuti acara Jamuan Kerajaan. Berbagai atraksi budaya akan memanjakan pengunjung, yang dilanjutkan dengan acara Pemberian Gelar Kehormatan dan Kekerabatan Kerajaan.

Puncak perayaan Tradisi Robo Robo berlangsung Rabu, 15 November 2017. Diawali dengan acara Makan Bersama Raja Mempawah XIII, kegiatan dilanjutkan dengan ritual Tepung Tawar di Muara Laut China Selatan. Dengan berbagai kapal termasuk kapal nelayan yang dihias aneka warna, Tradisi Robo-Robo akan tersaji begitu semarak di Pelabuhan Kuala Mempawah.

Penasaran dengan keindahan tradisi Robo Robo Mempawah? Bersiaplah menuju Mempawah, Pontianak, Kalimantan Barat pada 13-15 November 2017 (MM)

Keraton Amantubillah, Mempawah, Kalbar.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan